[Digital Activation] Film Bohemian Rhapsody : Put Me in Bohemian


Is this the real life?
Is this just fantasy?
Caught in a landslide
No escape from reality



Ada yang tahu penggalan lirik itu lagu apa?

Yap, Bohemian Rhapsody dari band legenda QUEEN! Fox Movies akan mengeluarkan film perjalanan tentang band legendaris QUEEN dan vokalisnya, Freddie Mercury sebagai selebrasi musik mereka. Film ini diberi judul Bohemian Rhapsody dan akan diperankan oleh Rami Malek, Lucy Boynton, Gwilym Lee, Ben Hardy, Joseph Mazzello, Aiden Gillen, Tom Hollander, Allen Leech, and Mike Myers.




Tapi kita tidak akan membicarakan soal filmnya ya. Melainkan kita bakal bahas dari sisi digital activation & komunikasi yang digunakan film ini untuk promosi. Yap, jaman sekarang promosi film tidak hanya dari teaser, tapi juga ada activation-activation seru baik offline maupun online.

DIGITAL ACTIVATION : PUT ME IN BOHEMIAN



Insight :
Queen adalah brand yang legendaris, punya banyak fans baik pada jamannya maupun anak-anak muda sekarang. Banyak lagu-lagu Queen yang jadi lagu terbaik sepanjang masa, terutama lagu Bohemian Rhapsody yang dinilai beberapa kalangan agak kontroversial maknanya (dengan pemakaian kata Bismillah dsb). Pembuatan dan proses perekaman lagu ini pun rada unik, karena katanya butuh waktu berbulan-bulan dan beberapa studio yang bekerja untuk menyelesaikannya.

Tak heran, lagu ini punya kesan dan kenangan tersendiri, sehingga tahun 2016 lagu ini digunakan sebagai soundtrack Suicide Squad dan dinyanyikan kembali oleh Panic! at the disco.
Keunikan dari lagu ini adalah layer dari suaranya yang bertumpuk-tumpuk. Dan walaupun panjang &  sulit, aneh, fans tetap saja suka menyanyikannya.

Idea :
Mengajak fans untuk menyanyikan Bohemian Rhapsody bersama-sama, dikurasi dan dimasukkan ke film.

Media :
Mobile - Site
http://putmeinbohemian.com/
(hanya bisa diakses di mobile)

Bentuk eksekusi :
Sing along activity seperti SMULE, sebagian dari lagu Bohemian Rhapsody.

Tampilan Loading

Tampilan loading
Karena websitenya cukup berat, ada loading yang cukup lama terutama buat yang koneksi internetnya kurang kenceng. Tapi loadingnya-pun terlihat asik dengan music bar dan lirik awal Bohemian Rhapsody "Is this the real life?"

Tampilan Home Put Me In Bohemian

Tampilan Home
Tampilan homenya juga simpel, hanya poster film dengan Rami Malek sebagai Freddie Mercury dan penjelasan singkat tentang aktivasi. Langsung mengarahkan ke tombol CTA bertuliskan Add My Voice. Simpel dan tidak ribet ya :)

Bersiap untuk klik Rekaman

Tampilan masuk ke menu rekaman
Nah setelah klik "Add My Voice" tadi, website ini kembali menjelaskan tentang bagaimana cara merekam. Disarankan menggunakan headphones atau mengecilkan suara device. Untuk memulai, tinggal klik tombol record.


Tampilan Count Down
Count downnya juga simple. Angka dengan tone warna sama seperti warna poster filmnya.

Sing Along Page

Tampilan Sing Along page
Sing Alongnya juga menarik, tidak hanya background polos, namun ada gambar Rami Malek yang memerankan Freddie Mercury, informasi kapan filmnya akan tayang dan lyric lagu per bait yang berganti-ganti. Ada timer berapa lama anda akan bernyanyi. Sayang, musik yang diputar ada suara Freddie Mercury-nya, jadi kesannya ketumpuk kalau nyanyi.


Tampilan untuk preview suara sebelum submit.
Sebelum submit, audience/partisipan bisa mendengarkan suara mereka. Bisa mengulangi kalau dirasa kurang sesuai, atau langsung submit saja.

Prize :
Suara akan dikurasi dan ditampilkan di dalam film.

Ini sebuah aktivasi yang simpel namun keren menurut saya. Tidak ribet dan mengena untuk die-hard fans. Karena baru berjalan, kita belum bisa melihat hasilnya ya :)
Kita tunggu aja sampai filmnya rilis dan seberapa bagus hasil dari activation ini ;)

You Might Also Like

0 comments