Marketing Funnel in Digital Era


Adakah teman-teman yang merasa, persaingan marketing sekarang semakin ketat?
Susah meyakinkan orang untuk membeli barang?
Konsumen semakin pintar?
Cara lama sudah ketinggalan jaman?

Ya.

Memang jaman sudah berubah :( maka cara kita dalam mengkomunikasikan produk juga perlu dirubah.

Salah satu cara mengkomunikasikan produk untuk jaman now adalah dengan menggunakan media sosial atau digital marketing. Namun ternyata, tidak segampang itu lho, posting dan mendapatkan pelanggan. Konsumen jaman now sudah berbeda perilakunya dibandingkan konsumen jaman old.


Sebagai marketers, kita perlu memahami bagaimana journey konsumen ketika akan dan membeli produk kita.

MARKETING FUNNEL, Tahapan Konsumen dalam membeli produk


Tahap Pertama : Awareness

Tahap ini adalah tahap ketika konsumen mengenal produk, terutama produk/brand baru. Jika anda memiliki brand yang baru, penting bagi anda untuk mengenalkannya ke masyarakat atau calon konsumen yang tepat. Bagaimana caranya? Dengan cara memiliki social media, SEO, google Adwords, memiliki blog dan melakukan kampanye untuk mendapatkan follower baik secara organik ataupun dengan ads. Memakai jasa influencer untuk mengenalkan produk juga termasuk bagian dari awareness. Dan perlu diingat, awareness ini harus terus menerus dilakukan supaya brand tidak dilupakan.

Tahap Kedua : Consideration

Dalam tahap ini, konsumen mulai melakukan consideration terhadap produk anda dengan cara search, membaca review sampai dengan membandingkan harga. Dalam hal ini, penting untuk memiliki content marketing yang menarik serta info yang lengkap di website/digital asset lainnya tentang produk anda.

Tahap Ketiga : Preference

Kemudian konsumen akan mulai menimbang, sudahkah pilihannya tepat dengan dirinya. Konsumen mulai 'kepo' dan mencari informasi lebih lanjut. Terkadang, konsumen memilih persona brand yang sejalan dengan persona mereka. Maka memperlihat persona brand dan positioning juga penting, terutama jika anda ingin membuat mereka loyal dengan produk anda.

Tahap Keempat : Purchase

Inilah actionnya! Jika sudah tertarik, konsumen akan melakukan pembelian. Dorong lebih lanjut dengan memberikan info promosi atau cerita tentang produk anda yang lebih persuasif. Tipsnya adalah : berikan alasan kepada pelanggan untuk membeli produk anda. Sesuaikan dengan momentum dan trend yang sedang berlaku.

Tahap Kelima : Loyalty

Tak cukup sampai membeli atau mendapatkan first-time customer. Jadikan first-time customer itu menjadi pelanggan yang setia dengan memberikan kualitas produk dan pelayanan terbaik. Buat after sales program, berinteraksi dengan mereka dan dengarkan keluhan atau permasalahan dari pelanggan akan membuat mereka menjadi pelanggan loyal.

Tahap Keenam : Advocacy

Show time. Saatnya memanfaatkan upside atau sisi baik dari AISAS dan media sosial : ajak pelanggan untuk share pengalaman dalam mengkonsumsi produk anda ke media sosial. Atau istilahnya promosi gratis dari pelanggan anda. Metode ini adalah metode tanpa biaya namun mahal lho. Karena honest review tidak dapat kita beli, maka jaga baik-baik honest review dari customer anda. Sampaikan terima kasih ketika mereka memberikan review :)

Tidak susah kan memahami journey konsumen dalam mengkonsumsi produk anda melalui digital media? 

Saya akan berterima kasih jika teman-teman sekalian meninggalkan komen atau berdiskusi positif di artikel ini ^_^


You Might Also Like

0 comments